24 NOVEMBER 2011

Renungan Harian Kamis 24 November 2011

PEMBAHARUAN

Yehezkiel 36 : 26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

 

Nats ini berbicara tentang sebuah pembaharuan yang diinginkan terjadi di tengah-tengah umat pilihan “Israel”. Pembaharuan hati, budi pekerti dan tindakan yang sesuai dengan jatidiri dan eksistensi mereka sebagai umat Allah. Mengingat masa lalu mereka yang telah tersesat dalam tindakan dosa dan kecemaran hidup. Mengakibatkan bangsa Israel berada dalam hukuman dan keadilan Allah (Pembuangan/penderitaan hidup).

Prakarsa itu datang dari Allah sendiri tanpa intervensi umat manusia. Dia ingin memulihkan dan menguduskan namaNya yg telah dicemarkan oleh umatNya. Semuanya itu dapat dimulai dari “HATI” karena disanalah segala pikiran dan tindakan diolah untuk dilakukan. Sebagaimana dikatakan dalam Amsal 27:19 “Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.”

Bagaimana dengan “hati” kita masing-masing saat ini ? Apakah sudah dipenuhi oleh Roh Kudus yang memperbaharuinya ? Biarkanlah Allah mengambil prakarsa untuk melakukan pembaharuan di dalam hati kita melalui setiap kuasa dalam firmanNya. Jangan pernah mengeraskan hati untuk menerima hati yang taat. Jadilah hati yang lembut, dengan demikian mampu untuk menyerap dan mengerti setiap firman Tuhan yang masuk. Serahkanlah segenap hatimu kepadaNya dan biarlah Dia menguasai dan bertahta sepenuhnya disana, jangan biarkan egomu yang berkuasa. Maukah engkau diperbaharui saat ini ? Datang dan serahkanlah pada Allah, Dia mampu memperbaharui, hatimu dan hidupmu yang sedang rusak dan berbeban berat.

Doa    :    Tuhan Yesus yang maha baik, kusadari hari ini bahwa aku sangat membutuhkanMu di hatiku, kuasai dan perbaharuilah Tuhan sesuai dengan kehendakMu, Amin !

Kata-kata bijak    :    Kerendahan hati dan kebaikan bukan simbol kelemahan, melainkan manifestasi dari kekuatan dan ketegasan.
(Kahlil Gibran)

Sumber : GKPI PUSAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *