16 NOVEMBER 2011

Renungan Harian Rabu, 16 November 2011

BAIT ALLAH

1 Korintus 6:19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, —dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Persoalan jemaat mula-mula di Kota Korintus pada waktu itu adalah : Kebejatan Moral, perpecahan, perkawinan, dll. Dengan demikian Paulus mengarahkan kepada Jemaat agar hidup sebagaimana panggilan Tuhan Yesus Kristus : Kekudusan. Itulah sebabnya ia menggambarkan dengan jelas bahwa tubuh kita adalah tempat tinggal (bait) Roh Kudus.

Kita tidak memiliki kemerdekaan atau kebebasan untuk mempergunakannya sesuka hati sendiri. Melainkan hidup dan tubuh kita telah menjadi milik sepenuhnya Sang Pencipta.

Sejajar dengan orang-orang Korintus, demikianlah kebanyakan manusia saat ini, mempergunakan tubuhnya untuk mencari kepuasan nafsu duniawi semata. Apakah dengan mempergunakan Narkoba, Dunia Malam (bhs gaul/anak muda : dugem, dunia gemerlap malam) Seks Bebas, kawin cerai, dsb. Kebanyakan orang saat ini memiliki prinsip “pergunakanlah” apa yang ada dalam kehidupannmu untuk kepuasan semata. Karena tidak ada hubungan dunia saat ini dengan dunia yang akan datang.

Namun sebagai pengikut Kristus kita harus memiliki perbedaan yang nyata dengan orang-orang dunia, janganlah serupa dengan dunia ini. Persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah : itu adalah ibadahmu yang sejati (Rom 12:1).

Doa     :    Tuhan, tolong agar kehidupanku hari ini lebih banyak melakukan yang berkenan kepadamu, jadikanlah tubuhku menjadi Bait KudusMu, Amin.

Kata-kata bijak    :    Tempat yang bisa digunakan untuk mulai mengubah duniamu adalah hatimu, isi pikiranmu dan tindakanmu, mulailah dari diri sendiri. (Robert M. Pirsig)

Sumber : GKPI PUSAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *