14 NOVEMBER 2011

Renungan Harian Senin, 14 November 2011

TUHAN PEDULI KEPADA ORANG YANG TERANIAYA

Mazmur 140:13  “Aku  tahu, bahwa Tuhan akan memberi keadilan kepada orang tertindas, dan membela perkara orang miskin”.

Sekilas kalau kita perhatikan orang-orang jahat, orang-orang licik, orang-orang fasik itu yang selalu menang, berkembang dan menjadi jaya didunia ini. Tetapi orang-orang yang benar, orang-orang yang takut akan Tuhan, orang-orang yang baik akan selalu menjadi korban, mereka sering ditindas dan dianiaya. Kemungkinan oleh karena itulah daya tarik orang fasik serta kelicikan mereka jauh lebih kuat untuk memikat hati manusia, sehingga manusia banyak memilih jalan orang fasik ini, karena lebih mudah untuk sukses.

Tetapi bagi orang yang percaya kepada Tuhan akan berkata ‘Tuhan akan menghukum orang-orang jahat, licik dan fasik, kesemarakan mereka adalah seperti bungabunga yang sebentar saja akan layu. Mereka tidak akan dapat sanggup berdiri dihadapan hadirat tahta pengadilan Tuhan.

Sesungguhnya Tuhan peduli kepada orang-orang yang tertindas dan orang-orang yang dianiaya, Tuhan akan memberi keadilan kepada orang-orang miskin. Kita lihat bagaimana Tuhan membebaskan umatNya yang ditindas diMesir, dibabel, diAssyur. Dengan kekuatan tangan Tuhan yang dahsyat serta mujijat diberikan untuk keselamatan orang-orang yang percaya kepadanya.

Demikian juga sekarang kita yakin dan percaya Tuhan tetap bekerja, Dia pasti akan membela kehidupan saudara-saudara kita yang menderita, yang miskin, yang digusur, yang terlantar dijalanan, yang sakit, yang dipenjara, yang terasing. Karena bukankah untuk itu Yesus datang ? Yaitu untuk menyelamatkan dan memberi kehidupan bagi mereka. Pertanyaan bagaimanakah caranya Tuhan akan menjangkau saudarasaudara kita yang tertindas, yang diperlakukan dengan tidak adil, saudara-saudara kita yang miskin.  Tuhan adalah Mahakuasa, diluar yang kita pikirkan Tuhan akan memberi jalan. Dan bukankah kita juga disuruh Tuhan menjadi perpanjangan tangan Tuhan, menjadi kaki, mulut, mata, telinga Tuhan ? untuk membantu saudara-saudara kita ?. Gereja sebagai Tubuh Kristus yang nampak didunia ini seharusnya harus memberikan perhatian kepada kekerasan, sosial, ekonomi dan politik atau harus menyuarakan suara kebenaran kepada dunia.

Doa singkat  :  Terimakasih Tuhan Yesus, Engkau sangat peduli terhadap penderitaan manusia, sehingga Engkau menderita supaya kami dipulihkan, disembuhkan. Pakai kami gerejaMu  untuk melakukan kehendakMu.

Katakata bijak  :  “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran karena merekalah yang empunya kerajaan sorga” (Matius 5:10).

Sumber : GKPI PUSAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *