13 NOVEMBER 2011

Renungan Harian Minggu, 13 November 2011

” TURUTILAH FIRMAN TUHAN “

Yohanes 14:24 “Barangsiapa tidak mengasihi Aku, Ia tidak menuruti Firman-Ku, dan Firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku”

Ada sebuah peribahasa yang sudah biasa kita dengar yang berbunyi “Memang lidah tidak bertulang”. Peribahasa ini mau mengingatkan kita bahwa perkataan yang kita dengar belum tentu benar. Seseorang bisa saja pandai berbicara, dan menyakinkan orang-orang yang mendengarkannya, tetapi kemudian baru kita sadar bahwa dia adalah seorang pembual, pembohong besar. Sehubungan dengan prilaku seperti inilah dikatakan ‘mulut tidak akan terbakar dengan mengatakan api’. Dewasa ini banyak orang yang mengakui kalau dia adalah seorang ‘hamba Tuhan’, seorang anak Tuhan, Kristen dan selalu memakai assosoris kalung salib, didingding rumah juga dipajangkan gambar besar Perjamuan Tuhan bersama murid-muridnya, selalu kegereja pada hari minggu, berpuasa, memberikan persembahan. Tetapi apakah mereka sungguhsungguh mengasihi Tuhan Yesus ? Belum tentu.

Kita ingat para pemuka agama Jahudi orang farisi, saduki dan ahliahli taurat, mereka hidup saleh dan alim, berpuasa memberikan persembahan persepuluhan , hidup sesuai dengan hukum taurat. Tetapi apakah mereka mengasihi Tuhan Yesus ?. Bukan malah mereka menyalibkan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus berkata tidak semua orang yang berseruseru  kepada-Ku ‘Tuhan, Tuhan’ akan masuk kedalam kerajaan sorga tetapi hanya mereka yang melakukan Firman Tuhan, merekalah yang masuk kedalam kerajaan sorga.

Tuhan Yesus mengatakan setiap orang yang mengasihi Dia pasti akan melakukan apa yang Dia firmankan, sebaliknya orang yang tidak melakukan Firman Tuhan adalah orang yang tidak mengasihi Tuhan. Firman yang Dia sampaikan adalah Firman yang berasal dari Bapa, sehingga orang yang melakukan Firman yang disampaikan Tuhan Yesus adalah orang yang sekaligus mengasihi Bapa, karena Bapa dengan Tuhan Yesus dan juga orangorang yang mengasihinya adalah satu. Tidak terpisahkan, seperti suatu pohon dengan akar, ranting, daun dan buahnya. Demikianlah persekutuan orang yang percaya dengan Tuhan Yesus dan Bapa disorga.

Doa singkat :  Berilah kami Roh-Mu Tuhan sehingga kami dimampukan untuk melakukan apa yang telah diFirmankan Tuhan, kalau dengan kekuatan kami tidak mungkin melakukan apa yang berkenan dihati Bapa.

Katakata bijak : ‘’Sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apaapa” (Joh.15:5c).

Sumber : GKPI PUSAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *