04 DESEMBER 2011

Renungan Harian Minggu 04 Desember 2011

BERNYANYILAH

Baca: Mazmur 147:1-11

Pujilah Tuhan! Sebab baiklah memuji Dia, dan menyenangkan untuk menyanyikan pujian bagi-Nya! (Mazmur 147:1 BIS)

Bacaan Alkitab Setahun : Galatia 4-6

Bernyanyi itu baik untuk kesehatan. Bernyanyi melatih jantung dan paru-paru, serta melepaskan endorfin yang membuat kita merasa senang. Bernyanyi juga meningkatkan kapasitas paru-paru, memperbaiki postur tubuh, dan membersihkan saluran pernapasan dan sinus. Apabila Anda bernyanyi dengan benar, hal itu dapat menjaga kesehatan perut dan otot-otot punggung. Menurut sebuah penelitian, bernyanyi juga dapat meningkatkan jumlah protein dalam sistem kekebalan tubuh.

Pemazmur tentu sepakat dengan hal itu. Bahkan lebih dari itu, bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ia menggarisbawahi bahwa bernyanyi juga baik bagi kehidupan rohani kita. Dalam bahasa aslinya, pemazmur menggambarkan bernyanyi sebagai baik, menyenangkan, dan indah. Baik-karena merupakan salah satu bentuk pujian kepada Tuhan, suatu ibadah. Tuhan sendirilah tujuan dan pusat seluruh pujian kita (ayat 1,7). Menyenangkan-karena mendatangkan sukacita; memuji dan mengagungkan Tuhan akan mendatangkan kesenangan surgawi bagi orang kudus. Indah atau layak-karena sudah selayaknya kita menghormati Sang Pencipta. Sebagai umat yang diciptakan menurut rupa dan gambar-Nya, ketika kita menghormati Tuhan, sesungguhnya kita juga sedang menghargai dan mensyukuri kehidupan yang dikaruniakan-Nya.

Nyanyian pujian tak ayal selalu hadir dalam ibadah bersama umat Tuhan. Namun, apakah kita secara pribadi juga mengembangkan kebiasaan untuk menyanyikan pujian bagi Dia? Bagaimana kalau mulai hari ini kita berkomitmen untuk menyanyikan paling tidak satu lagu pujian setiap hari? -ARS

SUDAHKAH KITA MENAIKKAN BAGI TUHAN
PUJIAN YANG LAYAK DIA TERIMA?

Sumber : RENUNGAN HARIAN.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *